Tradisi

Therawada (150) Mahayana (24) Vajrayana (9) zen (6)

Jumat, 14 Desember 2012

Tanya jawab mengenai agama Buddha. Apakah dalam agama Buddha ada 5 kata rahasia (u tai fo mi le)?

Tanya jawab mengenai agama Buddha.

Ada Umat Bertanya:
Apakah dalam agama Buddha ada 5 kata rahasia (u tai fo mi le)?

Jawab:
Dalam agama Buddha, tidak ada rahasia-rahasiaan.
Buddha mengatakan bahwa sesuatu yang baik tidaklah perlu dirahasiakan.
Justru sesuatu yang dirahasiakan, kita perlu kritis mempertanyakan kenapa harus dirahasiakan sesuatu yang baik?
Janganlah kita mudah percaya apa kata pemimpin umat, bisa saja mereka salah dalam memahami ajaran Buddha.
Agama Buddha bukanlah agama yang mewajibkan umatnya untuk HARUS PERCAYA, melainkan DIBUKTIKAN sendiri melalui pengalaman, praktik.

Share ya untuk mencerahkan yang lain.


sεмogα sεмuα мαкнℓuк вεявα‎​​‎​​нα‎​​‎​​giα‎​​‎​​ _/|\_


Sent from BlackBerry® on 3

3 komentar:

  1. Saya Suka Konsep agama BUDDHA Tentang TUHAN...
    Dalam Agama BUDDA Tidak ada Rahasia....
    Cuma Di Agama BUDDHA saya Baca Parrita bisa Kluar air mata...Tanpa Di sadari....biarpun saya tidak tau artinya.. waktu awal blajar
    Ajaran SANG GURU ANGGUNG SUNGGUH MULIA....
    Dhamma itu indah pada awal,tengah,akhir..

    BalasHapus
  2. Ya, saya setuju. Itu indahnya ajaran Buddha. Bila mengajarkan yang baik kenapa harus dirahasiakan. Saya pernah diajak ke salah satu aliran yang menamakan ajaran Buddha dan memberikan 5 kata rahasia tersebut. Sebelum pulang saya dipesan kata tersebut tidak boleh disebutkan diluar ruangan baktisala tersebut. Karena bila didengar makhluk halus jahat, akan membuat kacau alam surga. Dan dosa tersebut harus saya tanggung. Dalam hati saya, kenapa bisa ada aliran yang menamakan nama Buddha tapi ajarannya seperti itu. Semoga umat bisa membedakan mana ajaran Buddha sebenarnya. Saddhu saddhu saddhu.

    BalasHapus