Tradisi

Therawada (150) Mahayana (24) Vajrayana (9) zen (6)

Jumat, 19 April 2013

Tulus Membantu

Jika kita tulus tanpa memikirkan kepentingan pribadi untuk membantu sesama, hati tentu akan dipenuhi perasaan bahagia.

Kata Jing Si
"Orang yang paling berbahagia adalah orang yang mampu bersumbangsih, serta mampu membantu dan menyelamatkan orang lain.

Kekayaan bukan faktor penentu bisa berbuat baik, berbuat baik dengan tulus, walau sekecil apapun, asal tepat akan berarti. Membantu orang atasi masalah dengan rasa syukur, tentu kenyamanan juga milikmu.

Kebahagiaan tak hanya diperoleh ketika menerima pemberian tapi juga saat kita bisa memberi.

Ini cerita bagus !

Clark anak yang suatu malam akan menonton sirkus bersama ayahnya. Ketika tiba di loket, Clark & ayahnya ngantri di belakang keluarga besar yaitu bapak, ibu & 8 orang anaknya. Keluarga itu terlihat bahagia dapat menonton sirkus.

Dari pembicaraan yang terdengar oleh Clark & ayahnya, Clark tahu Bapak ke-8 anak tadi telah bekerja ekstra utk dpt mengajak anaknya nonton sirkus.

Sampai di loket &hendak bayar, wajah bapak 8 anak tadi pucat pasi. Ternyata 40 dollar yang dikumpulkan susah payah,tidak cukup bayar tiket yang total 60 dollar.

Suami istri saling berbisik, bagaimana katakan pada anak-anak malam batal nonton sirkus uangnya kurang. Sementara anak2nya tampak gembira, sudah tak sabar segera masuk ke sirkus.

Tiba-tiba ayah Clark menyapa bapak 8 anak tadi,"Maaf Pak, uang ini tadi jatuh dari saku bapak", sambil menjulurkan 20 dollar & kedipkan sebelah matanya.

Bapak 8 anak tadi takjub dgn yg dilakukan Ayah Clark. Mata berkaca-kaca, menerima uang & ucapkan terima kasih pada ayah Clark, berkata 20 dollar tadi sangat berarti bagi keluarganya.

Dengan riang gembira keluarga besar itu masuk ke sirkus. Clark & ayahnya batal nonton bergegas pulang. Uangnya diberikan pada bapak 8 anak. Clark bahagia walau tak dpt menyaksikan sirkus, tapi telah menyaksikan 2 orang ayah hebat.

"Sabbe satta bhavantu sukhitatta"
สัพเพ สัต ตา ภะ วัน ตุ สุขิตัต ตา


Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar