Tradisi

Therawada (150) Mahayana (24) Vajrayana (9) zen (6)

Selasa, 12 Februari 2013

Nilai Rata-rata

Sebelum seorang professor di suatu universitas akan membagikan ujian akhir kepada para mahasiswanya, ia mengajukan suatu tawaran istimewa kepada mereka.

Ia berkata, "Siapa Ɣªήg mau mendapat nilai C otomatis dlm ujian ini, angkat tangan dan kamu tdk perlu mengikuti ujian. Saya akn langsung membrikanmu nilai C.

" Satu tangan terangkat. Kemudian Ɣªήg lainnya, dan Ɣªήg lainnya hingga stengah dari para mahasiswa tsb tlah memilih utk tdk mengikuti ujian itu. Mereka akn menrima nilai C secara otomatis, dan Mereka pun plng dgn gembira.

Profesor itu kemudian membagikan lembaran ujian kpd mahasiswa Ɣªήg masih tinggal di kelas itu. Ia mletakkan lembaran2 tersebut di meja dan meminta mereka tidak membaliknya sbelum diprintahkan.

Ia membri slamat kpd para mahasiswa tsb karna mereka tdk mau menrima nilai rata2 dan bahwa mereka bersedia mlakukan hal2 yg luar biasa dlm hidup mereka.

Kemudian professor itu memerintahkan mahasiswanya utk memulai ujian mereka. Para mahasiswa menemukan bahwa lembaran ujian mereka hanya tertulis kalimat singkat: "Slamat. Anda baru saja mendapatkan nilai A."
.
Terlalu sring kita mengambil jln pintas Ɣªήg mudah dan menrima keadaan biasa2 saja saat sharusnya kita bisa membangun potensi diri kita.

Kita berpikir bahwa nilai C tdk begitu buruk dan cukup pantas utk kita peroleh.

Hidup biasa2 aja, tanpa mengeluarkan potensi maksimal dlm hidup kita, mrupakan suatu sikap yang tidak bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga merendahkan diri sendiri.

Tetaplah bersemangat!
Truslah bertumbuh!
Teruslah blajar!

Pesan moral :

Lakukan Ɣg terbaik utk apapun yg sedang menjadi tanggung jawabmu saat ini. Pantang menyerah dan tetap semangat.



Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar